Sunday, July 15, 2012

Pentingnya SOP Bagi Usaha Anda

Sop atau Standard Operating Procedure merupakan standar baku yang dijadikan sebagai pedoman dan barometer semua aktivitas unit kerja yang ada di semua level bisnis dan usaha Anda.

Apapun usaha dan perkerjaan Anda pasti membutuhkan standar operasional dan prosedur yang baku untuk memastikan kualitas dan hasil kerja yang baik.

Anda bisa membayangkan jika sebuah perusahaan tidak memilki SOP, maka tentu dengan mudah bisa di prediksi perusahaan tersebut tidak mungkin berkembang 5-10 tahun ke depan.

Kenapa? karena semua aktivitas didalamnya tidak memiliki acuan baku. Jadi acuannya hanya feeling, mood, selera pelaksana dan perintah pimpinan. Jika perusahaan semakin berkembang, karyawan semakin tertekan dan pimpinan semakin stress...!!

Kita ambil contoh di sebuah restaurant Fast Food yang saat ini sudah sangat terkenal dan menjalar di kota-kota besar, seandainya tidak memiliki “SOP Cara Menggoreng Ayam” saja, maka bisa dipastikan rasa ayamnya sewaktu-waktu bisa berubah dan tentu konsumen tidak akan betah.

Contoh lain, anda bisa menyaksikan supermarket yang ada di sekitar kita dengan cabang ratusan bahkan ribuan di Indonesia dengan barang-barang yang begitu beragam jenisnya dan jumlahnya banyak , akan tetapi mampu ditata dengan posisi yang sama dan rapi. Kenapa? Jawabannya adalah karena mereka punya "SOP Penataan Barang" dan banyak lagi contoh yang lain.

Pentingkah SOP itu?
Jika bisnis atau usaha anda ingin berkembang, ingin supaya usaha anda memiliki cabang, membuat franchise, dengan karyawan yang jumlahnya banyak dan usaha tetap berjalan otomatis walaupun tanpa kehadiran anda? maka Jawabannya adalah SOP amat amat penting.

Bagaimana jika anda baru memulai USAHA?
Justru di awal mula bisnis anda berdirilah anda mulai membuat SOP sehingga melahirkan SOP yang benar- benar unik dan sesuai karakter usaha anda.

Pertanyaan adalah?
Sudahkan USAHA ANDA memilki SOP?

***
Dapatkan kumpulan contoh SOP, Anda tinggal copy paste dan Edit, maka Usaha Anda sudah punya SOP dengan cara yang mudah. Hp. 08124683055, PIN BB: 216568CD.

Artikel Terkait:

0 comments:

Post a Comment

Master SOP melayani :
1. Penyusunan SOP perusahaan Anda
2. Melayani In House Training dan Public Training.
3. Konsultan dan Coaching Bisnis

Profile Kami bisa dilihat di : www.mastersop.com
HP/WA: 0812 468 3055