Sunday, May 26, 2013

Panduan Tes Potensi Akademik (TPA)

Tes Potensi Akademik (TPA) adalah sebuah tes bakat dan kemampuan seseorang di bidang akademik dan pengetahuan umum lainnya. TPA bertujuan untuk mengetahui kecerdasan seseorang.

Dengan mengetahui arti dan tujuan Tes Potensi Akademik (TPA) ini, maka penting bagai setiap Calon atau Pelamar Kerja (CPNS), calon siswa dan mahasiswa untuk mengerti dan memahami pola dan isi TPA ini.

Saat ini, TPA  telah menjadi tes standar penyaringan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS), rekrutmen karyawan swasta, serta karyawan BUMN. Tes Potensi Akademik juga umum dipakai sebagai tes penerimaan Siswa dan Mahasiswa untuk jenjang tertentu seperti S2 dan S3.

TPA juga biasa dipakai untuk Tes Kenaikan Jabatan setingkat manajer di berbagai perusahaan juga mempersyaratkan karyawannya mencapai TPA dengan skor minimum tertentu.

Tes Potensi Akademik (TPA) ini juga identik dengan tes GRE (Graduate Record Examination) yang sudah menjadi standar internasional.


Adapun, Tes Potensi Akademik ini umumnya memiliki empat jenis soal. Yaitu,
1.    Tes Verbal (tes bahasa),
2.    Tes Numerik (tes angka),
3.    Tes Logika (tes nalar)
4.    Tes Spasial (tes gambar).

1.    Tes verbal berfungsi untuk mengukur kemampuan seseorang di bidang kata dan bahasa. Tes ini meliputi tes sinonim (persamaan kata), tes antonim (lawan kata), tes hubungan kata, dan tes pengelompokan kata.

2.    Tes angka berfungsi mengukur kemampuan seseorang di bidang angka, dalam rangka berpikir terstruktur dan logis matematis. Tes ini meliputi tes aritmetik (hitungan), tes seri angka, tes seri huruf, tes logika angka dan tes angka dalam cerita.

3.    Tes logika berfungsi mengukur kemampuan seseorang dalam penalaran dan pemecahan persoalan secara logis atau masuk akal. Tes logika ini meliputi tes logika umum, tes analisa pernyataan dan kesimpulan (silogisme), tes logika cerita dan tes logika diagram.

4.    Tes spasial atau tes gambar, berfungsi mengukur daya logika ruang yang dimiliki seseorang. Tes ini meliputi antara lain tes padanan hubungan gambar, tes seri gambar, tes pengelompokan gambar, tes bayangan gambar dan tes identifikasi gambar.


*********

Dapatkan Ebook Panduan Sukses Tes Potensi Akademik  (TPA) versi ter-BARU di sini!!!.

Ebook Potensi Akademik (TPA) versi baru ini lebih Friendly dan Informatif sehingga memudahkan Anda untuk mengetahui Score dan Hasil Tes TPA secara Automatis.

File berbentuk softcopy berupa PDF. Anda bisa pergunakan dan baca Ebook ini di laptop atau komputer Anda. Dan Ebook Panduan Sukses TPA ini dapat juga Anda Cetak/Print sendiri.

Tes Potensi Akademik (TPA) Veri Baru ini sesuai untuk Anda dan Masa Depan Putra Putri Anda!.
Hanya Rp. 95.000,-


Download disini  >>>>>

Artikel Terkait:

0 comments:

Post a Comment

Master SOP melayani :
1. Penyusunan SOP perusahaan Anda
2. Melayani In House Training dan Public Training.
3. Konsultan dan Coaching Bisnis

Profile Kami bisa dilihat di : www.mastersop.com
HP/WA: 0812 468 3055