Saturday, March 28, 2015

Penyusunan SOP Perusahaan Pertambangan

Penyusunan Struktur SOP Perusahaan yang tepat
Contoh SOP Perusahaan dalam Bahasa Inggris menjadi format tersendiri yang disusun pada beberapa perusahaan berskala internasional. Titik tekan penyusunan ini dibuat untuk bisa dipahami oleh para staf atau karyawan yang mungkin meruapakan tenaga asing yang didatangkan dari luar. Mereka akan memahami pedoman SOP yang dibuat dalam bahasa inggris,namun ada baiknya juga jika ini dibuat salinan dalam bahasa Indonesia untuk lebih memudahkan banyak karyawan lain yang mungkin tidak akan memahami format SOP bahasa Inggris yang dibuat. Pada perusahaan skala nasional dan internasional format SOP memang disusun dalam bahasa Inggris dan bahasa Indonesia. Ini untuk menunjukkan standar perusahaan pada kalangan banyak mengenai pemahaman prosedur yang berlaku. Para karyawan akan memaknai format yang disusun dengan bahasa Indonesia yang lebih mereka pahami.

Konsep penyusunan SOP sendiri akan dibuat dengan sangat lengkap dan terperinci, terlebih untuk perusahaan berskala multinasional yang sangat kompleks. Contoh SOP Perusahaan Tambang Batubara yang juga bisa menggunakan SOP berbahasa Inggris melihat banyak tenaga ahli dari luar negeri yang dipekerjakan pada perusahaan pertambangan tersebut. Anda bisa melihat begitu banyak manfaat yang bisa diperoleh dari penyusunan SOP ini karena semua elemen dalam perusahaan memiliki tanggung jawab dan format kerja masing masing dalam tata laksana perusahaan,mulai dari divisi administrasi,divisi marketing,dan banyak lagi. Ini akan berada pada alur masing masing dalam pengembangan tata laksana SOP yang ada. Ini menghindari tumpang tindih wewenang yang mungkin terjadi seandainya tidak ada SOP untuk setiap divisi yang ada. Pemberlakuan SOP itu sendiri dibuat dengan pengesahan terlebih dulu yang dibuat pada rapat management yang diselenggarakan oleh perusahaan.

Setiap perusahaan memiliki prosedur yang berbeda karena contoh bentuk SOP perusahaan melibatkan divisi apa saja yang bernaung dibawahnya. Mana mungkin SOP Prusahaan Pertambangan akan sama dengan SOP Perusahaan Percetakan misalnya karena masing masing memiliki divisi berbeda yang berbeda pula tugas dan wewenangnya. Setiap karyawan berhak untuk membuat pengajuan dalam format SOP yang dibuat. Ini akan disesuaikan dengan situasi dan kondisi perusahaan. Setelah format SOP ini disahkan maka setiap karyawan harus patuh apda kebijakan yang telah dibuat karena format SOP disusun dengan musyawarah yang dilaksanakan oleh semua elemen dalam intern perusahaan dan tidak disusun secara otoriter. Ini dimaksudkan agar setiap divisi bisa merasakan kenyamanan dalam prosedur operasional kerja pada perusahaan. Semua memiliki tugas dan tanggung jawab masing masing yang disebutkan dalam format SOP tersebut. Dengan demikian pengesahan bisa segera dilaksanakan seandainya prosedur kerja telah disepakati oleh semua pihak. Ini juga berlaku pada tataran komisaris dan managemet tertinggi yang akan memiliki kinerja khusus dalam SOP yang disusun. Diharapkan kinerja karyawan akan lebih meningkat.
http://www.contohsop.com/2015/03/penyusunan-sop-perusahaan-untuk.html


Artikel Terkait:

0 comments:

Post a Comment

Master SOP melayani :
1. Penyusunan SOP perusahaan Anda
2. Melayani In House Training dan Public Training.
3. Konsultan dan Coaching Bisnis

Profile Kami bisa dilihat di : www.mastersop.com
HP/WA: 0812 468 3055