Saturday, February 11, 2017

IDENTIFIKASIKAN PROSES BISNIS ANDA!

Kesalahan fital yang bisa terjadi dalam usaha adalah kesalahan dalam mengidentifikasi proses kegiatan dalam operasional usaha. Dan Kesalahan ini akan menyebabkan kesalahan dalam penyusunan JOB DESCRCPIPTION, STANDARD OPERATING PROCEDURE (SOP) dan PENETAPAN HARGA JUAL PRODUK.

Suatu contoh pada perusahaan produksi kotak (box) kertas membuat sebuah kotak kue memerlukan 4 tahap pekerjaan yaitu: Dimulai dari MEMOTONG, MELIPAT, MENGELEM dan MERAKIT.

Jika perusahaan kurang teliti mengindentifikasi proses pekerjaan tersebut sehingga terjadi terlewatnya atau pengurangan tahapan prosedur, misalnya yang seharusnya 4 menjadi 3 tahap.

Misalnya tahapan 'Melipat Kertas' dihilangkan atau dilewati. maka bisa terjadi 3 (tiga) berakibat fatal, yaitu:
1. Kesalahan dalam kebijakan rekrutmen SDM.
2. Kesalahan penyusunan SOP.
3. Kesalahan penentuan Biaya Produksi.

Pertama, Kesalahan ini berakibat penyusunan Job Description yang kurang tepat sehingga berpengaruh dalam kebijakan rekrutmen pada SDM khususnya pada bagian produksi akibat hilangkan satu tahap pekerjaan dalam proses produksi tersebut yaitu tiadanya tenaga bagian melipat.

Kedua, Kesalahan penyusunan SOP akan menyebabkan standar kualitas produk tidak sesuai dengan yang diharapkan. Pengerjaan box tidak melalui proses 'pelipatan' sebelum 'pengeleman' sehingga hasilnya kurang rapi. Maka akibat fatalnya barang ditolak oleh pemesan.

Ketiga, Kesalahan Penentuan Cost Produksi atau Harga Pokok produksi (HPP). Kesalahan ini lebih fatal karena Harga Jual akan dipatok lebih rendah dari sebenarnya karena biaya tenaga lipat hilang atau terlewatkan. Kesalahan ini membuat kerugian atau minimal berkurangnya profit atau keuntungan perusahaan.

Faktor inilah yang menyebabkan banyak 'kasus' semakin menyusutnya keuntungan alias semakin banyak orderan malah semakin berkurang margin keuntungannya. 
Misalnya ketika dapat order 100 pcs untungnya Rp.1juta tapi saat dapat oder 200 pcs dengan barang dan spesifikasi yang sama untungnya hanya Rp. 1,2juta. Kok bukan Rp.2juta?

***
Maka Autopilotkan Busnismu!! dan berpartisipasilah dalam mewujudkan "Gerakan Pengusaha Sadar SOP".

Salam sukses,
By 5Sen Media Konsultama
*Akh Alim Mahdi*
Konsultan SOP & HAKI
www.contohsop.com

Artikel Terkait:

0 comments:

Post a Comment

Master SOP melayani :
1. Penyusunan SOP perusahaan Anda
2. Melayani In House Training dan Public Training.
3. Konsultan dan Coaching Bisnis

Profile Kami bisa dilihat di : www.mastersop.com
HP/WA: 0812 468 3055